Sejarah Sepeda Motor DI Awal Munculnya - Kakuda Teknologi
Sejarah Sepeda Motor DI Awal Munculnya
Kakuda Teknologi - Bapak Sepeda Motor Yaitu Gottlieb Daimler, lahir di Schorndorf 17 Maret 1834, satu orang pakar mesin berkebangsaan Jerman yg kali pertama berexperimen merancang sepeda motor pada tahun 1885 di negaranya Jerman. Tidak dengan demikian kita tahu, namun peristiwa perotomotifan mencatatnya jadi Bapak Sepeda Motor.
Mula-mula penciptaan karyanya ini, ia design suatu sepeda kayu dengan empat roda, dimana ada dua penambahan roda dibelalakangnya, yg bila kita lihat seperti roda pada sepeda beberapa anak, setelah itu dipasang suatu mesin dengan pembakaran prima. Dengan kecepatan 10 km /jam serta 700 - 900 putaran permenit, hasil ujinya ini dia perkenalkan kemudian test ride pada 10 Nopember 1885 dengan menunjuk putranya jadi pembalap. Disini titik awal peristiwa sepeda motor diawali.
Harley Davidson
William Sylvester Harley, satu orang insinyur lulusan kampus Wiconsin serta Arthur Davidson yaitu dua sobat yg merencanakan motor spektakuler selama peristiwa bernama Harley Davidson. Awal peristiwa motor HD (baca : harley davidson) diawali pada jaman 1901 yg mana kedua-duanya, harley serta davidson ketika itu berumur 21 serta 20 tahun. Gagasan untuk bikin sepeda bertenaga mesin tercetus kala Harley kerja jadi juru gambar serta Davidson jadi perancang skema di pabrik sepeda di Milwaukee, wiconsin.
Pada tahun 1903 bengkel pertama mereka dirikan yg setelah itu mereka namakan 'Harley Davidson Motor Co'. Suatu motor baru berselinder tunggal dengan kemampuan 3DK berkelir hitam serta disebut HD DeDion juga terwujud. Sebab cepat kuno, rangka barupun Davidson rancang. Tahun 1904 mode motor dengan bahan bakar bensin mulai dikenalkan Davidson serta hasilnya benar-benar mengagetkan, warga demikian meminatinya. Dua motor sekaligus juga mereka buat. V-Twin yg pertama yaitu dengan memanfaatkan mesin dua silinder dengan komposisi huruf 'V' dibuat pada tahun 1909. Pembaharuan ini, terdaftar paling spektakuler dalam peristiwa kemajuan HD. Dengan nada ngebass bergemuruh, benar-benar berikan kesan-kesan macho !
Pada tahun 1943, Harley wafat karena serangan jantung. Desember 1950, Arthur Davidson wafat dalam kecelakaan jalan raya. Enam belas tahun setelah itu istri serta anaknya Davidson juga wafat dalam kecelakaan yg sama, dalam kecelakaan mobil.
Vespa ( Si Lebah Besi )
Dalam akhir perang dunia ke-2, kala perekonomian Italia pada kritis paling terjatuh, satu orang berkebangsaan Italia, Enrico Piaggio, ambil alih perusahaan ayahnya Rinaldi Paggio yg sebelumnya menghasilkan perlengkapan kapal, kereta api lalu berubah ke pesawat terbang, memutarhaluan untuk mendisain alat transportasi murah. Terilhami tehnologi pesawat terbang, dengan bodi alumunium seperti misalnya pesawat terbang serta diadaptasi dari roda pesawatnya pun, dibantu Corradino D'Ascanio Enrico, konstruksi suspensi mono shock membantu alat transportasi 150 cc ini kala perubahan ban. Pada tahun 1945 vespa kali pertama dibuat. Dan namanya sendiri diambil dari kata 'west' yg punya arti binatang penyengat ataw lebah. Sesaat, bila disaksikan dari atas, konstruksi vespa memang serupa binatang ini.
HONDA
Soichiro Honda lahir 17 Nopember 1906 di Hamamatsu, Shizuoko, Jepang yaitu satu orang industrialis gak bergelar ( drop out dari kuliahnya) yg alami kegagalan untuk kegagalan pada awal karirya. Tahun 1922 kala usianya 15 tahun dia kerja di bengkel Hart Shokai company. Dengan bekal pengalaman menolong pada usaha ayahnya jadi reparasi sepeda, Honda muda demikian cekatan serta berprestasi di bengkel barunya. Ia pun sbg pencetus roda2 dari logam pada mobil yg sebelumnya dari kayu. Serta pada tahun 1937 Honda mematenkan karyaya itu serta bahkan juga sudah di-export ke pelosok dunia. Honda mulai buka Industri berat sendiri yg disebut Tokai Seiki Heavy Industri. Bengkel itu membuat perangkat ring piston. Tetapi sebab tidak penuhi standar, perangkat itu juga tidak diterima faksi Toyota. Dari kegagalan itu, Honda mulai kuliah untuk memperoleh pengetahuan dalam penyempurnaan penciptaan pirantinya.
Lantaran kegigihannya serta kemajuan pengetahuan yg dipunyainya, Toyota juga terima pirantinya. Gempa bumi serta pemboman Hiroshima membawa dampak pabriknya hancur. Honda mulai meniti usaha kembali sampai pada akhirnya pada tahun 1947 berubah menjadi titik balik kesuksesan Honda. Honda membangun pabrik, dimana pada sepedadia pasangi motor kecil. Motor ini benar-benar disenangi tetangganya. Serta dengan trick pemasaran yg baik serta cerdik, motor ciptaannya ini sanggup berkompetisi lewat cara export dengan Harley Davidson serta Triumph. Bahkan juga di Indonesia sendiri, motor keluaran Honda punyai market sendiri serta teratas pada type kendaraan roda dua. Pada tahun 1991 Soichiro Honda wafat.
YAMAHA
Torakusu Yamaha lahir dari keluarga samurai di Nagasaki pada 20 April 1851. Bermula jadi interior instrument, ia membuat organ ciptaannya di bawah perusahaan Yamaha Fukin Manufacturing yg membuat kondang dengan logonya Tiga Garpu Tala sekaligus juga menobatkannya ke pelosok dunia jadi pencipta organ pertama di jepang. Tahun 1955 ia membangun pabrik alat musik, Nippon Gakki di Hamamatsu dan membuat sepeda motor jadi pengaplikasian pengetahuan yg sebelumnya ia bisa ketika menghasilkan baling2 pesawat terbang sebelum perang dunia dua.
Motor pertama yg dia buat yaitu Atakombo ataw YA1 alias Red Dragon Fly ataw capung merah. Single silinder 2 stroke, miliki kekuatan 125 cc. Tahun 1957 Yamaha membuat Twin Silinder YDI 175 cc serta memenangi Race Mount Asama di jepang dengan banyaknya produksi 15. 811 unit. Tahun 1959 motor sport pertama dia buat, YDSI, dengan 5 kecepatan gearbox. Tahun 1960 produksi bertambah 6 kali lipat serta kondang jadi pabrikan pembuat motor 2 gak terhebat untuk variasi YDS250 cc serta YRI 350 cc dengan aplikasi skema autolube untuk pencampuran oli lewat cara automatic. Tahun 1970 yamaha sudah membuat 20 type di mulai dari 50 cc sampai 350 cc serta sudah membentangkan sayapnya dengan membangun pabriknya di Thailand sampai kondang serta disenangi ke seluruhnya luar negeri hingga sampai saat ini.
SUZUKI
Michio Suzuki, yaitu di balik lahirnya motor pabrikan Jepang ini. Doktor lulusan Illionis USA ini sebelumnya jadi bisnisman pengerjaan alat tenun yg setelah itu gulung tikar ketika perang dunia II serta berubah ke motor. Power free, tahun 1952, motor dengan ontelan dengan dibantu mesin yg sangat mungkin pengendara untuk mengontel, kemampuan 35 cc, single silinder, 2 stroke dengan 2 sprocket sistim yaitu motor pertama yg dia buat. Setelah itu lahir Diamond free dengan engine 60 cc serta pada 1954 Colleda mesin 90 cc dengan single silinder serta 4 stroke sanggup menghasilkan 6000 unit dalam satu bulan.
Type keluaaran Suzuki Motor Co. Ltd antara lain yaitu Colleda 125 cc 4 stroke, Colleda ST 125 cc, T500 thn 1967, GT500 tahun 1977, GS750, GT750, GS 1000 tahun 1978, GSX 1000 1980, GSX 1100 katana tahun 1982, GSX R750, GSX R1100, GSX 1300R. Mesin powerfull dengan jenis kekinian serta harga mudah membuat suzuki sukses dipasaran. Serta Skema elektrik starter pada motor Colleda tahun 1954 yaitu terobosan pertama yg awal mulanya belum dipakai oleh kompetiter2 yang lain.
KAWASAKI
Di balik nama besar kawasaki yg tambah sangat cepat perubahannya di Indonesia untuk type sport serta Trail, terdaftar nama Shozo Kawasaki jadi siempunya gagasan. Kawasaki yaitu pabrikan yg pada awalnya beroperasi di bagian kapal, perakitan kapal, lokomotif, pesawat, motor, misil, kapal selam, super tanker serta pada PD II oleh sekutu jadikan jadi pembuat baja di bawah naungan Kawasaki Steel Corp. Tahun 1949, sebab kerjasamanya dengan BMW di sektor pesawat terbang, awal pertama kawasaki menghasilkan motor roda dua dengan mengambil tehnologi BMW jerman.
Lahir motor dengan kemampuan 2 stroke 60 cc, setelah itu 4 stroke 150 cc serta 250 cc. Penting diketahui, Kawasaki dipandang seperti 'king of Four Stroke' oleh Honda, Yamaha serta Suzuki. Type keluaran Kawasaki antara lain, Z97 ( 500 cc rocker-valve, 250 cc, 350 cc) , single silinder serta twin silinder 650 cc serta 500 cc, W1650 tahun 1966 dengan power 47 HP pada 6500 RPM, W1SS dengan exhaust muffler tahun 1967, W3 jadi penyempurnaan W2SS yg mengambil dual disc front brake pada tahun 1973, W tahun 1974, A1 250 cc serta A7 350 cc. Untuk pemasarannya sendiri di Indonesia, kawasaki terhitung paling sangat cepat untuk motor type sportnya serta punyai kelas spesifik.
Komentar
Posting Komentar